Laporan Penggunaan Dana Hibah LAPM



LAPORAN PENGGUNAAN BELANJA HIBAH
DARI PEMERINTAH KABUPATEN GARUT
TAHUN ANGGARAN 2015



UNTUK
KEGIATAN LEMBAGA AKSES PANGAN MASYARAKAT

BULAN SEPTEMBER 2015





GABUNGAN KELOMPOK TANI
WANGUN JAYA 





 









DESA CIGARONGGONG  KECAMATAN CIBALONG
KABUPATEN GARUT






I.              LAPORAN KEGIATAN
1.             Latar Belakang
Sampai dengan saat ini masih terdapat kesenjangan diantara ketersediaan pangan dan akses pangan dan akses terhadap pangan. Ketersediaan pangan utama di Desa Cigaronggong  cenderung  meningkat meskipun  pada beberapa komoditas masih tinggi ketergantungan pasokan dari luar daerah. Disisi lain, akses rumah tangga terhadap pangan masih memprihatinkan. Di tingkat rumah tangga, konsumsi rata-rata pangan belum mencapai kecukupan.Masih terdapat masyarakat yang mengalami kekurangan karbohidrat dan protein, termasuk lainya yang masih berada dalam kondisi rawan pangan, Begitu juga masih terdapatnya gizi buruk pada anak, angka kematian bayi, dan gangguan pertumbuhan anak menunjukkan belum tercukupinya kebutuhan gizi ditingkat individu yang merata.
Desa Cigaronggong  masih banyaknya jumlah penduduk miskin, masih terdapat 187 KK miskin. Namun demikian, ada ,kegiatan ekonomi rakyat yang terjadi di Desa berupa tumbuhnya kegiatan pertanian, perternakan dan perikanan serta kegiatan lainnya. Ini tidak semata-mata terjadi kerena konsumsi penduduk, tetapi juga kerena adanya kegiatan produksi oleh unit usaha kecil dan menengah.Dengan demikian, untuk menggerakan perekonomian rakyat agar tumbuh serta menurunkan jumlah orang miskin yang diperlukan adalah membangun dan membenahi lembaga di tingkat masyarakat ( GAPOKTAN ), termasuk menghidupkan kembali lumbung desa/cadangan pangan desa.
Mengingat pentingnya permasalahan di  atas pemerintah desa melalui kelembangaan yang ada melakukan berbagai upaya terkait dengan pemberdayaan termasuk diantaranya kelembangaan AKSES pangan masyarakat. Pada tahun 2015, upaya tersebut diimplementasikan melalui kegiatan penyediaan pangan berupa padi, jagung, daging dan lain-lain, melalui kelembangaan/kelompok tani yang ada di perdesaan.
Oleh karena itu kegaitan fasilitas kelembangaan akses pangan ini diharapkan dapat bermanfaatkan banyak bagi kecukupan pangan masyarakat apabila pengelolaanya secara terorganisir dengan akses kelembangaan untuk mengembangkan cadangan pangan dan pengembangan usaha produktif dengan mekanisme  pemupukan modal. Harapannya dengan meningkatkan akses pangan masyarakat di desa Cigaronggong  kebutuhan akan pangan secara berkelanjutan dapat tercapai.

2.             Maksud dan Tujuan
Peningkatan akses pangan masyarakat di Kp. Gunung Gadung Desa Cigaronggong  melalui pengembangan usaha akses pangan produktif dan penumbuhan cadangan pangan.

3.             Ruang Lingkup Kegiatan
Peningkatan kemampuan masyarakat ditingkat rumah tangga melalui Gapoktan dan unit usaha yang dikelolanya dalam usaha memupuk cadangan pangan dan unit usaha akses pangan serta pemupukan modal di unit akses pangan.
4.             Realisasi Pelaksanaan Kegiatan
Pelaksanaan kegiatan Lembaga Akses Pangan Masyarakat dilakukan pada bulan September 2015 dengan  turunnya bantuan dari BKP Kabupaten Garut melalui Pihak Ketiga berupa bahan pangan pokok seperti beras, telur, gula pasir, minyak sayur, ikan asin dan susu.
5.             Daftar Personalia Kegiatan
Pengurus Gapoktan Wangun Jaya Desa Cigaronggong yang terlibat dalam kegiatan LAPM tahun 2015 adalah sebagai berikut :
a.       Ketua                                : Ade Saefuloh
b.      Sekretaris                          : Asep Muslih
c.       Bendahara                         : Anda
d.      Klaster 1                           : Madin
e.       Klaster 2                           : Wiwin
    
6.             Penutup
Demikian Laporan Penggunaan dana hibah Kegiatan Hibah  Lembaga Akses Pangan Masyarakat dari Pemerintah Kabupaten Garut tahun 2015 melalui BKP ini kami buat dengan sebenarnya. Harapan kami semoga laporan ini dapat menjadi pengetahuan bagi kami dan  menjadi gambaran bagi BKP Kabupaten Garut mengenai kegiatan kami. Kami menyadari dalam penyusunan Laporan ini masih banyak kekurangan, maka kami selalu mengharapkan bimbingan supaya kegiatan kami selalu berjalan baik dan sesuai dengan harapan semua pihak. Atas perhatian Bapak, kami ucapkan banyak terima kasih.




II.           LAPORAN KEUANGAN
1.             Realisasi Penerimaan Belanja Hibah .     
Realisasi penerimaan bahan pokok dan bahan pangan strategis tahun 2015, langsung diterima oleh Gapoktan dari BKP melalui Pihak Ketiga.
2.             Realisasi Penggunaan .    
Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Garut menyerahkan bantuan berupa bahan pokok strategis Kepada Gapoktan Wangun Jaya di Desa Cigaronggong Kecamatan Cibalong dengan rincian sebagai berikut :
No
Uraian Penggunaan
Anggaran
Realisasi
% Penggunaan
1
Beras Lokal
2500 Kg
2500 Kg
100
2
Gula Pasir Lokal
  208 Kg
  208 Kg
100
3
Telur Ayam Negeri
  240 Kg
  240 Kg
100
4
Minyak Goreng
  250 Liter
  250 Liter
100
5
Susu Kental Manis
    50 Kaleng
   50 Kaleng
100
6
Ikan Asin Peda
    14 Kg
  14 Kg
100

Cibalong, September 2015
Ketua                                                                          Bendahara
Gapoktan Wangun Jaya                                                            Gapoktan Wangun Jaya


  ADE SAEFULOH                                                                          ANDA                                     


III.        LAMPIRAN
1.             Dokumentasi Kegiatan . 
2.             Salinan Naskah Perjanjian Hibah .          


Share on Google Plus

About Unknown

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment