Membuat Herbisida Murah



Para petani sebenarnya sudah pintar, mereka menggunakan pengalaman sebagai guru. Learning by Doing adalah sesuatu yang mereka selalu lakukan dalam kehidupan sehari-harinya sebagai petani. Setiap kegiatan selalu mereka catat baik-baik bukan dalam buku saku tetapi dalam ingatan.
                Dalam usaha budidaya pertanian, banyak kendala yang harus dihadapi oleh petani dilapangan,  salah satunya adalah pengendalian gulma.  Pengendalian gulma biasanya dilakukan pada saat pembersihan lahan untuk persiapan lapang. Pembakaran alang-alang dan gulma  lainnya sudah menjadi cerita lalu yang ditinggalkan oleh para petani, karena mereka menyadari bahwa hal tersebut merusak tanah dan menyebabkan kebakaran dan mengakibatkan polusi.  Penggunaan herbisida menjadi pilihan alternatif bagi para petani dalam mengendalikan gulma. Akan tetapi, harga herbisida selalu saja naik  setiap harinya sehingga memberatkan bagi petani untuk membelinya.
                Dari kondisi tersebut, lahirlah kreatifitas para petani untuk memenuhi kebutuhan akan pestisida yaitu memodifikasi herbisida yang dijual dilapangan. Para petani sadar bahwa mereka tidak akan bisa  membuat bahan aktif herbisida seperti Paraquat dan atau Glifosat karena memang bukanlah keahlian mereka. Yang dimaksud modifikasi herbisida yang dijual di pasaran  adalah mengurangi dosis dan konsentrasi herbisida berbahan kimia buatan ditambah dengan campuran bahan yang ada disekitar mereka. Dengan cara tersebut petani merasakan keuntungan yaitu bisa mengurangi biaya pembelian sarana produksi yang lumayan karena sudah menjadi rahasia umum bahwa harga herbisida cukup mahal.             Ada beberapa orang petani di Kecamatan Cibalong Kabupaten Garut yang sudah melakukan hal tersebut dan sampai sekarang masih diterapkan .
Adapun bahan dan caranya sebagai berikut :
1.       Bahan   :  -     3 Liter Gramoxone atau Roundup
-          1 Kg Urea
-          1 liter air panas
-          5 Liter air kelapa
-          1 Ons ragi

2.       Cara       :  -      Siapkan Jerigen yang cukup besar
-          Larutkan Urea dalam 1 liter air panas, biarkan sampai dingin
-          Campurkan bahan yang lainnya
-          Aduk sampai merata
-          Masukkan kedalam jerigen (tutup  jerigen dilubangi dan masukkan selang)
-          Jerigen jangan ditutup karena bisa meledak
-          Simpan jerigen ditempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung dan jauhkan dari jangkauan anak-anak.
-          Biarkan selama 1 minggu
-          Setelah 1 minggu campuran bisa dipakai, dengan cara seperti itu berarti  petani memiliki herbisida sebanyak  10 liter

3.       Cara Penggunaan :
-           Larutkan setengah gelas (100 m)l campuran dengan 17 Liter liter air  (1 tangki) , Dosis rata-rata 2 liter per hektar.
-          Semprotkan ke gulma yang tumbuh dilapangan secara merata
-          Gulma akan mati dan lahan siap untuk diolah.
-          Supaya aman, gunakan sarung tangan, baju dan celana panjang, kacamata serta topi.
Cara ini sudah diterapkan oleh Pak Agustina dan Pak Jafar di Cibalong Garut. Semoga pengalaman ini bisa bermanfaat bagi petani lainnya.

(Sumber :  Hasil Wawancara dan aplikasi dilapangan dari Pak Agustina dan Pak Jafar )

Share on Google Plus

About Unknown

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment